kompor masak listrik

Mempertimbangkan Antara Kompor Masak Listrik Dan Gas

Produk – produk kompor masak listrik berbagai merek saat ini sudah dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Memang merupakan hal yang wajar bahwa beragam produk bertenaga listrik bermunculan untuk menggantikan versi lamanya yang menggunakan tenaga bahan bakar fosil yang tidak terbarukan. Lalu, bagaimana sebaiknya dalam mempertimbangkan penggunaan kompor listrik di rumah?

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Dan Kebiasaan Memasak

Hal yang paling mendasar ketika hendak mengganti kompor gas rumah tangga dengan versi terbaru yang bertenaga listrik adalah mengenai kebutuhan dan kebiasaannya. Kemudahan dan efektifitas serta efisiensi yang ditawarkan kompor induksi atau listrik menjadikannya pilihan tepat bagi yang orang – orang tertentu. Mereka yang memang jarang memasak dan mereka yang tidak memiliki waktu lama untuk memasak cocok untuk menggunakannya. Jadi tidak akan dibutuhkan waktu lama untuk mengganti tabung gas juga.

Selain itu, kebiasaan memasak yang sering dilakukan juga memengaruhi kebutuhan menggunakan kompor masak listrik itu sendiri. Bagi yang sering berkutat dengan api kecil atau sedang sudah tentu lebih tepat untuk menggunakan kompor bertenaga listrik karena pengaturannya lebih mudah. Pada akhirnya memang fokus utama dari penggunaan jenis kompor yang satu ini adalah perihal mudahnya jika dibandingkan dengan kompor gas. Sederhananya adalah bahwa kompor jenis ini tinggal dikoneksikan ke listrik maka sudah bisa digunakan.

Harga Kompor Dan Biaya Listrik

Kemudian penting juga untuk mempertimbangkan perihal harga dari kompor masak listrik itu sendiri. Dari segi harga mungkin untuk saat ini masih cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kompor gas. Namun, perlu diingat jika menggunakan kompor gas dan belum memiliki tabung gas maka harus membelinya dahulu. Selain itu tentu perlu regulator dan selang kompor gas juga yang harganya juga bervariatif.

Seperti halnya beragam barang yang bertenaga listrik sebagai pengganti versi lamanya dengan bahan bakar, harga versi listriknya akan lebih mahal. Namun, untuk kedepannya tidak akan membutuhkan biaya banyak karena minim kebutuhan perawatan dan penggantian perangkat pendukungnya. Kira – kira seperti itu terkait dengan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan kompor masak listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.