setumpuk besi beton ulir

Besi Beton sebagai Bahan Penguat dalam Konstruksi Bangunan

Di era modern seperti sekarang, konstruksi beton memberikan kontribusi penting untuk kebutuhan berbagai bangunan. Ada berbagai jenis bangunan seperti konstruksi jalan, Gedung bertingkat, bendungan, dan masih banyak lainnya – semua bangunan tersebut membutuhkan besi beton polos ataupun ulir tergantung kebutuhan yang bisa di dapatkan di tempat jual besi beton polos dan lainnya.

Bahan komposit kombinasi agregat dengan perekat memang sudah banyak digunakan mulai dari zaman Romawi karena daya tahannya. Dalam perkembangannya, beton juga digunakan sebagai besi tulangan dalam meningkatkan daya tariknya. Komposit dari bahan tersebut dikenal sebagai material beton bertulang. Salah satu material yang dipakai sebagai tulangan adalah besi beton yang juga digunakan sebagai besi tulangan, untuk detail nya juga akan dijelaskan oleh orang yang jual besi beton polos.

Jenis besi beton polos

Besi beton polos ataupun plain bar mempunyai penampang bulat dengan permukaan yang licin atau polos. Di pasaran, material besi polos biasanya diproduksi dengan Panjang berkisar 12 meter dan diameter 16mm hingga 50 mm sesuai dengan kebutuhan. Besi beton satu ini mempunyai ketahanan pada tekanan minimal 240 mpa.

Jenis besi beton ini menjadi salah satu pilihan untuk konstruksi beton karena sangat mudah ditemukan di pasaran. Bahkan besi beton polos satu ini memang lebih mudah dibentuk untuk berbagai jenis keperluan tulangan beton, seperti kolom, plat, ring balk, dan masih banyak lainnya. Jika dibandingkan dengan jenis besi konstruksi lainnya, maka harga besi beton satu ini dibanderol dengan harga lebih murah.

Jenis besi beton ulir

Besi beton ulir ataupun deformed bar mempunyai tekstur ulir di bagian permukaan dengan ulirannya berbentuk 45 derajat. Bentuk ulir juga menyerupai sirip pipih. Bentuk ulir yang menyerupai sirip membuat besi beton ini mempunyai potensi untuk memberikan daya lekat lebih tinggi pada beton namun biasanya juga bisa di temui di tempat jual besi beton polos. Adanya aliran tersebut bisa menahan Gerakan tulangan yang ada pada beton. Besi ulir mempunyai ketahanan sekitar 400 mpa. Jika dibandingkan dengan jenis polos di atas maka mempunyai kekuatan lebih baik.

Sama halnya dengan jenis besi beton polos, besi ulir satu ini mempunyai Panjang sekitar 12 meter dan diameter mulai dari ukuran 6 mm hingga 50 mm. besi satu ini memang lebih sulit dibentuk atau dibengkokkan dan harganya lebih mahal bisa memberikan kualitas lebih baik sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun ukuran standar untuk besi beton sudah ditentukan, namun di pasaran masih ada yang menjualnya tidak sesuai dengan ukuran standar SNI. Harganya pun mungkin juga tidak sesuai dengan standar , bahkan lebih murah jika dibandingkan harga sesuai standar. Namun penggunaan besi beton yang tidak sesuai standar harus diteliti karena bisa memberikan pengaruh kualitas pada konstruksi bangunan. Besi beton yang sudah dilengkapi sertifikat SNI mempunyai toleransi ukuran sekitar 0,1 hingga 0,5 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published.