ilustrasi plat besi hitam

Apa Itu Plat Besi Hitam Dan Jenisnya?

Anda sudah tahu tentang plat besi hitam? Bagi pekerja yang berkutat dengan dunia konstruksi dan bahan bangunan bahan ini sudah bukan barang asing lagi. Keduanya adalah material yang kerap digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Plat besi sering disebut base plate adalah material yang bentuknya lembaran atau lempengan dengan permukaan datar. 

Plat besi hitam untuk apa? 

Plat besi ini bermanfaat dalam kebutuhan proyek konstruksi, material lembaran ini kerap digunakan dalam bidang fabrikasi. Bentuknya yang lembaran, membuat plat besi mempunyai ketebalan yang lumayan kecil tetapi mempunyai fungsi lumayan banyak. 

Sesuai warnanya plat besi ini berwarna hitam. Lembarannya relatif tipis ukurannya seperti material triplek. Ukuran dari base plate biasanya dibuat dengan ukuran standart yakni 4 x 8 feet. Para kontraktor umumnya menggunakan material tersebut sebagai bahan memperkuat penggunaan profil baja pada bangunan khusus. 

Sedangkan penggunaan dari base plate pada bidang industri fabrikasi berguna dalam pembuatan tangki. Bukan hanya itu saja, material base plate berguna juga untuk stamping. Penjelasan stamping adalah proses pembentukan dari lembaran logam untuk berbagai keperluan. 

Jenis Plat Besi Yang Ada Di Pasaran 

Pada dunia konstruksi plat besi yang sering disediakan adalah : 

  1. Plat Strip atau Stripe Plate 

Stripe Plate adalah material dari besi yang bentuknya balon gepeng. Bahan ini mempunyai kandungan sedikit karbon yaitu sebanyak 0,04% hingga 0,01% jadi termasuk kelompok low carbon steel alias baja karbon rendah. 

Stripe plate berguna dalam pembuatan tralis jendela maupun pagar. Stripe plate bisa diintalasi oleh kusen jendela kayu. Sedangkan dalam pembuatan pagar, striple plate sangat mudah dibentuk jadi semakin menambah estetika. 

  1. Plat Kapal 

Plat besi ini digunakan untuk material pembuatan instalasi kapal. Bukan hanya digunakan untuk itu saja, material ini digunakan pada proyek konstruksi, fabrikasi, sampai bahan dalam pembuatan tangki. 

Perbedaan mencolok material ini dengan yang lain dilihat dari ukurannya. Ship plate mempunyai ukuran yang lebih panjang dan lebar, sekitar 5 x 20 feet dan 6 x 20 feet. 

  1. Plat Kembang 

Material besi satu ini umumnya disebut sebagai plate berlian atau lantai. Pengaplikasian material ini banyak diterapkan di konstruksi lantai sampai tangga. Material jenis ini mempunyai tekstur kembang untuk mencegah tergelincir. 

Demikian informasi tentang plat besi hitam dan plat besi yang ada di pasaran. semoga membantu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.