deep frying

Ketahui Perbedaan Deep Fryer Gas dan Listrik Sebelum Membelinya di Tempat Jual Deep Fryer

Tempat jual deep fryer banyak tersedia secara offline maupun online. Untuk online, anda bisa membelinya di e commerce. Sedangkan offline, anda bisa mencari toko alat rumah tangga. Namun, sebelum membeli deep fryer sebaiknya ketahui dulu perbedaan antara deep fryer listrik atau gas.

Perbedaan Deep  Fryer Gas dan Listrik

Bagi orang awam mungkin akan bingung membedakan secara spesifik antara keduanya. Umunya, jenis gas ataupun listrik hanya merupakan bahan bakar yang digunakan. Tapi ada perbedaan lainnya yang juga perlu diketahui, berikut ulasannya: 

1. Sumber Panas

Sumber panas yang dihasilkan antara deep fryer listrik dan gas berbeda. Untuk deep fryer gas yang menggunakan bahan bakar gas layaknya kompor. Sedangkan listrik yakni menggunakan listrik untuk menghasilkan sumber panasnya. 

  1. Konstruksi Mesin

Keduanya juga memiliki susunan atau kontruksi mesin yang cukup berbeda. Deep fryer yang menggunakan gas, konstruksi mesinnya hampir sama dengan kompor biasa. Biasanya juga dilengkapi dengan kenop pemantik untuk menyalakan api yang berada di bawah tangki penggorengan. 

Sedangkan deep fryer listrik tidak memerlukan api untuk memanaskan minyak. Intinya, susunan deep fryer jenis listrik hampir sama dengan teko listrik yang biasanya untuk memanaskan air. Ada elemen khusus yang berfungsi untuk penghantar panas dan  mulai bekerja saat dihubungkan dengan arus listrik. 

  1. Kecepatan Hantaran Panas

Perbedaan lainnya yani terletak pada kecepatan hantaran panas. Deep fryer gas biasanya lebih cepat panas jika dibandingkan dengan yang menggunakan listrik. Namun, pada deep fryer listrik, ada pengaturan suhu sehingga memudahkan saat proses memasak.

  1. Cara pemakaian

Berikutnya yang perlu diketahui sebelum memilih untuk membeli di tempat jual deep fryer yakni terkait cara pemakaiannya. Pada deep fryer listrik atau elektrik cenderung lebih praktis dan aman ketimbang jenis gas. Pada deep fryer gas, ada selang dan tabung gas yang biasanya lebih merepotkan. 

Dari ulasan di atas mengenai perbedaan deep fryer gas dan elektrik, secara umum dapat disimpulkan ada sejumlah manfaat dari masing-masing jenis deep fryer. Informasi ini mungkin bisa menjadi pertimbangan tersendiri saat anda hendak membeli alat ini. Berikut rinciannya: 

Manfaat Deep Fryer Gas

  • Memiliki High volume option
  • Waktu dan suhu untuk memanaskan lebih cepat
  • Cocok digunakan oleh staff dapur dan teknisi
  • Biasa digunakan untuk produksi dalam jumlah besar
  • Bisa menekan biaya operasional

Manfaat Deep Fryer Listrik

  • Pengoperasinnya lebih efisien antara siklus penggorengan
  • Smaller footprint dan more mobile
  • Pengaturan lebih cepat
  • Pengoperasian lebih mudah
  • Panas yang lebih merata naun tidak secepat deep fryer gas

Nah, itulah sejumlah perbedaan antara deep fryer listrik dan gas sebelum anda memutuskan untuk membelinya di tempat jual deep fryer. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nada tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.