pipa yang sudah terpasang

Pipa Schedule 40: Manfaat dan Perawatan

Ada beberapa alasan mengapa pipa schedule 40 begitu populer digunakan dalam berbagai kegiatan industri. Pipa dengan ukuran ketebalan atau sch 40 biasanya telah memenuhi standar ANSI. Selain kemampuannya mengatasi suhu dan tekanan tinggi, pipa jenis ini harganya lebih terjangkau. Cari tahu lebih banyak tentang kegunaan pipa sch 40 dan cara merawatnya dalam artikel berikut ini!

Kegunaan

Jika dibandingkan dengan pipa baja hitam pada umumnya, pipa sch 40 cenderung memiliki kegunaan yang sama. Seperti halnya pipa baja hitam yang lain, pipa dengan ukuran ketebalan sch 40 mampu mengalirkan cairan, udara, dan materi-materi lainnya. 

Selain itu pipa sch 40 juga dapat dipasang di bawah dan atas tanah. Pipa jenis ini bahkan bisa digunakan di dalam air. Keuntungan lainnya adalah pipa sch 40 yang terbuat dari stainless steel cenderung lebih tahan terhadap karat. Tapi perlu diingat bahwa penggunaan pipa ini harus memperhatikan tekanannya.

Secara umum, pipa schedule 40 digunakan untuk proses konstruksi. Hal ini karena pipa sch 40 tergolong tahan terhadap berbagai cuaca. Pipa jenis ini juga dapat ditemukan pada berbagai perusahaan manufaktur, pabrik oli, dan pertambangan minyak. Ada kalanya perusahaan konstruksi menggunakan pipa sch 40 sebagai penyangga. Anda juga akan menemukan pipa jenis ini digunakan sebagai penyangga kanopi dan tiang lampu jalan.

Perawatan

Perawatan pipa sch 40 tidaklah rumit. Dengan perawatan yang tepat, pipa jenis ini dapat bertahan dalam kondisi baik selama 10 tahun. Untuk menghilangkan karat dan kotoran, permukaan pipa harus dibersihkan secara seksama. Pada area pipa dengan tingkat karat tinggi, pembersihan dengan menggunakan lap serta bulu pembersih tajam akan sangat efektif. 

Sebagai alternatif, pipa schedule 40 juga bisa dibersihkan dengan menggunakan aseton. Pastikan agar pipa yang sudah dibersihkan diberi lapisan pelindung. Salah satu lapisan pelindung yang umum digunakan adalah cat semprot karena mudah diaplikasikan dan cepat kering. Semprotkan cat pada permukaan pipa secara menyeluruh dan kemudian tunggu sampai kering. Baru setelah itu penambahan anti karat atau pelindung lainnya bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.