orang sedang memotong kayu triplek

Supplier Triplek, Solusi Bangunan Rumah Anda

Kayu lapis atau yang sering disebut triplek adalah produk kayu yang paling banyak digunakan karena mudah didapatkan dan memiliki harga yang murah. Selain itu triplek bersifat fleksibel, mudah dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. 

Kegunaan Triplek

Triplek tersedia dalam berbagai ketebalan dengan tingkat kualitas dan harga yang berbeda-beda, tentunya dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Beraneka triplek bisa anda dapatkan di supplier triplek yang berada di seluruh Indonesia, seperti supplier triplek Surabaya.

Banyak benda atau barang yang bisa anda buat dengan menggunakan triplek. Beberapa kegunaan triplek yang bisa anda jadikan contoh adalah sebagai berikut: 

  1. Pembuatan Lantai Rumah

Triplek dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lantai rumah. Biasanya triplek digunakan sebagai alas lantai gudang atau sebagai lantai dari rumah yang memiliki konstruksi kayu. Namun penggunaan triplek sebagai lantai memiliki kelemahan seperti kurang tahan terhadap air dan memiliki debu dari serbuk kayu yang bisa mengganggu kesehatan pernapasan.

  1. Pembuatan Dinding Rumah

Triplek sering dimanfaatkan sebagai dinding rumah dan sekat-sekat pada bagian rumah. Penggunaan triplek sebagai sekat dan dinding rumah sangat hemat dan juga efisien. Selain itu, penggunaan triplek juga lebih praktis, karena dapat dibongkar dengan mudah bila ingin mengganti konstruksi.

  1. Untuk Plafon Rumah

Plafon adalah bagian atap rumah, yang membatasi ruangan di rumah dengan rangka atap dan genting rumah. Plafon rumah yang menggunakan tripleks biasanya lebih kuat dan kokoh, namun lebih rentan terhadap kebocoran. Sehingga saat ini penggunaan triplek untuk plafon rumah sudah sangat jarang digunakan. Berbagai jenis triplek bisa anda beli di supplier triplek di sekitar Anda.

  1. Untuk Furniture 

Furniture rak pada lemari dan juga laci dapat dibuat dengan menggunakan triplek. Ini karena triplek menjadi salah satu jenis bahan kayu yang cukup kuat dan tahan lama apabila tidak terkena air. Oleh karena itu triplek banyak digunakan untuk rak lemari dan laci.

Kelebihan dan Kekurangan Triplek

Adapun kelebihan triplek adalah sebagai berikut:

  1. Harga triplek cukup terjangkau
  2. Triplek mudah digunakan, sehingga ada banyak barang yang bisa dibuat dari triplek. 
  3. Triplek mudah dan cepat diaplikasikan. 
  4. Triplek memiliki permukaan mendatar yang seragam, sehingga ideal untuk membuat perabot yang berpermukaan besar dan kecil. 
  5. Triplek memiliki jenis yang beragam dengan variasi kekuatan yang berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang anda miliki.
  6. Triplek tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah retak, dan tidak mudah dimakan usia. 

Adapun kekurangan triplek adalah sebagai berikut:

  1. Kebanyakan triplek tidak tahan air jika terekspos dalam waktu lama. 
  2. Tripleks kurang cocok untuk permukaan outdoor, kecuali untuk jenis khusus yang waterproof. 
  3. Semakin panjang triplek yang digunakan maka semakin besar kemungkinan triplek bisa longgar atau bengkok. 
  4. Triplek tidak sekuat atau sepadat kayu.
  5. Penggunaan lem triplek dianggap kurang ramah lingkungan.
  6. Triplek tidak bisa diukir atau dipahat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.