ilustrasi coffee grinder

Mengenal 4 Jenis Coffee Grinder, Apa Saja Fungsinya?

Bagi Anda penikmat kopi, coffee bean grinder tentu sudah menjadi sahabat sejati di keseharian Anda. Namun apakah Anda sudah tahu kalau alat penggiling kopi tersebut terbagi atas 4 jenis?

Jika belum, tidak perlu khawatir karena Kami akan ajak Anda untuk mengenal apa saja 4 jenis coffee grinder beserta fungsinya.

  • Grinder Manual 

Jenis pertama yang akan Kita bahas adalah alat grinder manual. Kelebihan dari alat grinder kopi manual adalah sanggup membuat kopi menjadi lebih halus.

Alat ini akan sangat cocok digunakan oleh Anda yang menggemari kopi tradisional yang memiliki wangi yang sangat khas.

Sedikit catatan dari penggunaan alat grinder coffee manual adalah Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghaluskan kopi dibandingkan mesin lainnya. Selain itu, jumlah kopi yang bisa dibuat dengan alat ini tidak terlalu banyak.

  • Grinder Elektrik

Selain manual, grinder coffee juga tersedia dalam versi elektrik. Kelebihan dari penggunaan alat ini adalah Anda bisa membuat kopi dalam jumlah yang lebih banyak secara cepat dan juga mudah.

Sementara catatan dari alat ini adalah memakan tempat karena alat coffee grinder ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Sebagai informasi, supaya alat ini tidak cepat rusak, disarankan untuk tidak menggiling kopi terlalu banyak dalam satu kali proses giling.

  • Burr Grinder 

Bisa dibilang, alat yang satu ini merupakan inovasi dari alat grinder manual. Perbedaannya adalah alat ini bisa menggiling kopi dalam waktu yang lebih singkat.

Selain untuk menghaluskan kopi, Burr Grinder juga mampu melakukan ekstrak minyak yang terdapat di biji kopi.

  • Blade Grinder 

Alat yang satu ini merupakan alat coffee grinder yang paling sering dipakai sehari-hari.

Ciri khas Blade Grinder adalah memiliki 2 pisau yang fungsinya memotong biji kopi sampai halus.

Keunggulan alat ini adalah bisa memotong biji kopi lebih cepat tetapi di satu sisi, hal tersebut kadang membuat rasa kopi berubah karena tingkat halus biji kopinya tidak konsisten.

Itulah informasi tentang 4 jenis alat coffee grinder untuk Anda yang belum mengetahuinya. Alat mana yang paling ingin Anda coba gunakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.