Jenis Triplek yang Dijual oleh Distributor Triplek Indonesia

Triplek sering menjadi pilihan untuk atap rumah atau perihal bangunan lainnya. Dalam mendapatkannya pun tidak sesulit dulu karena ada distributor triplek yang telah memudahkan pencarian bahan bangunan satu ini. Apalagi dengan distribusi atau penyalur triplek untuk mendapatkan triplek dengan harga terjangkau dan kualitas bagus pun bisa diwujudkan. 

Hadirnya distributor triplek yang sudah banyak di Indonesia menyediakan beragam jenis triplek sesuai dengan kebutuhan. Nah, pasti masih ada yang mengira kalau triplek hanya satu. Tidak hanya triplek kayu tipis yang sering patah, ada berbagai jenis triplek yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:

  • Triplek LDF (Low Density Fiberboard) 

Triplek yang lebih sering disebut particle board ini merupakan triplek yang berasal dari sisa atau serpihan kayu. Triplek jenis ini sangat terjangkau, serta menjadi triplek yang paling ringan dan paling rentan pada air juga kelembapan tinggi. 

Namun, tidak perlu cemas triplek mudah patah atau terlalu tipis. Sebab, apabila membeli di distributor triplek sudah ada beragam pilihan triplek jenis ini sesuai ketebalannya. Mulai dari 9mm, 12mm, 15mm, dan 18mm dengan harga yang berkisar antara Rp75.000 sampai Rp.125.000.

  •  Triplek MDF (Medium Density Fiberboard)

Jika Anda mencari triplek yang memiliki kekuatan dan daya tahan lebih tinggi dari LDF, maka MDF adalah jawabannya. Triplek MDF berasal dari campuran serat kayu lunak dan keras. Campuran serat kayu tersebut direkatkan dengan lem yang memiliki temperatur dan tekanan mesin tinggi. 

Meskipun begitu, triplek jenis ini mempunyai kekurangan, yaitu bahannya yang tidak tahan air. Eits, tapi triplek ini bisa dicat secara bervariasi. Tak heran jika triplek ini sering dipilih sebagai bahan membuat kerajinan tangan. 

  • Triplek Multipleks

Triplek satu ini mempunyai daya tahan tinggi serta tahan lama dalam penggunaannya, terlebih jika dirawat dengan baik. Umumnya multipleks digunakan dalam pembuatan beragam perabotan rumah tangga lantaran teksturnya rapat dan tahan air. 

Triplek dengan daya tahan dan kekuatan cukup tinggi ini berasal dari kulit kayu dengan lapisan pori-pori yang kecil. Terlebih susunan bahan dasar triplek ini mempunyai tekanan tinggi sehingga multipleks ini menjadi jenis triplek yang tahan lama serta kuat. 

Itulah 3 triplek yang dijual distributor triplek, tak hanya itu ada blockboard dan teakblock. Berbagai jenis triplek ini bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, dalam hal ini Anda harus mengetahui kebutuhan akan triplek dan mana yang sesuai untuk itu. Terlebih jika berkaitan dengan ketebalan harus lebih teliti dalam mempertimbangkannya. 

Untuk blockboard biasanya dimanfaatkan untuk membuat meja, rak, lemari, bangku, serta pintu. Triplek ini sendiri berasal dari tiga lapisan kayu dengan serat berbeda. Sedangkan teakblock digunakan untuk bahan lantai kayu atau melapisi papan kayu. Asalnya terbuat dari kayu jati, tetapi tidak dari kayu jati yang solid. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.