dokter gigi

Alasan Mengunjungi Dokter Orthodontist Terdekat untuk Merapikan Gigi

Anjuran untuk mengunjungi dokter orthodontist terdekat seringkali muncul ketika seseorang mengeluh tentang gigi yang kurang rapi. Dokter orthodontist merupakan dokter gigi spesialis yang memiliki kompetensi khusus berupa perawatan gigi untuk tujuan merapikan susunan gigi.

Mengenal Ortodonsia

Ortodonsia merupakan sebuah cabang spesialisasi di bidang ilmu kedokteran gigi. Istilah ortodonsia berasal dari dua kosakata berbahasa latin berupa orthos dan dontia. Kata orthos memiliki makna merapikan dan dontia bermakna gigi.

Cabang ini mempelajari secara spesifik tentang praktek merawat dan merapikan gigi untuk tujuan mendapat fungsi oklusi yang optimal. Oklusi merupakan istilah dalam ilmu kedokteran gigi yang bermakna kontak antara gigi dari sisi lengkung yang berlawanan yang biasanya mengacu pada bentuk permukaan oklusal.

Istilah ini juga merujuk pada hubungan statis antara sisi gigi bagian bawah dan gigi bagian bawah ketika terjadi interkuspasi. Istilah interkuspasi merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan pertemuan tonjolan gigi sisi bawah dan atas secara maksimal. 

Ortodonsia sebagai sebuah cabang ilmu kedokteran gigi memiliki fokus pada praktek diagnosa, pencegahan serta perbaikan susunan gigi yang tidak mampu menghasilkan oklusi dan interkuspasi yang optimal. Karena alasan inilah, seseorang yang memiliki susunan gigi tidak teratur umumnya akan dianjurkan mengunjungi dokter orthodontist terdekat untuk mendapatkan perawatan yang bertujuan memperbaiki kondisi oklusi dan interkuspasi yang tidak optimal.

Mengenal Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia

Ortodonsia sebagai cabang ilmu kedokteran gigi merupakan salah satu bidang spesialisasi yang bisa dipelajari oleh seorang dokter gigi. Dokter gigi yang telah menyelesaikan Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia ini akan memiliki gelar spesialis Sp. ort. 

Dokter gigi yang sudah memiliki gelar spesialis ortodonsia tersebut akan memiliki wewenang penuh dalam melakukan perawatan di bidang ortodonsia, baik itu perawatan ortodonsia fungsional ataupun ortodonsia lepasan yang komprehensif. Praktek ini termasuk pula perawatan bedah ortodonsia ataupun ortodonsia cekat.

Praktek merapikan gigi ini sekarang tidak hanya sekedar bertujuan fungsional untuk memperbaiki performa oklusi dan interkuspasi, tetapi juga memiliki tujuan estetika untuk mendapatkan penampilan yang makin menarik. Seseorang yang mengalami masalah oklusi atau interkuspasi dapat langsung mengunjungi dokter orthodontist terdekat untuk melakukan konsultasi guna mendapatkan diagnosa dan rencana perawatan yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.