griddle gas

Berbagai Jenis Griddle Gas yang Bisa Anda Temukan

Griddle adalah alat memasakan yang memiliki permukaan luas nan datar dan biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang. Terdapat berbagai macam griddle yang beredar di pasaran, mulai dari griddle gas hingga tipe elektrik.

Jenis-jenis griddle

Griddle memiliki banyak tipe dengan fungsinya masing-masing.Setiap griddle yang didesain memiliki kelebihannya masing-masing dan menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Berikut adalah jenis-jenis griddle.

  1. Cast iron griddle

Jenis ini adalah yang paling sering digunakan karena desain compact dan minimalis. Kelebihan utama dari griddle ini adalah tahan dipakai selama bertahun-tahun, menggunakan permukaan stainless steel, dan aman bagi kesehatan. 

Griddle ini memiliki bobot yang berat dibandingkan dengan jenis griddle lain karena terbuat dari metal. Anda juga harus menambahkan minyak saat memasak agar makanan tidak menempel di plat griddle gas yang satu ini.

  1. Griddle elektrik

Griddle yang satu ini menggunakan listrik untuk menghasilkan panas. Memiliki bentuk compact dan permukaan yang luas sehingga sangat cocok untuk digunakan di apartemen.

Griddle elektrik menghasilkan panas yang lebih merata dan bisa diatur sesuai keinginan. Namun, kekurangan dari griddle ini adalah kabel yang pendek sehingga membutuhkan kabel tambahan.

Harap berhati-hati ketika membersihkan griddle ini karena komponen eletriknya berisiko konslet apabila terkena air.

Cara merawat dan membersihkan griddle

Cara utama dalam merawat griddle adalah tetap membuatnya dalam keadaan yang bersih. Anda harus rajin dalam membersihkan griddle setelah memasak agar kotoran-kotoran yang menempel tidak menjadi kerak.

Selain itu, griddle yang jarang digunakan akan mengurangi tingkat anti lengketnya sehingga bahan makanan menjadi mudah lengket. Saat digunakan untuk memasak, kekuatan bahan anti lengket griddle akan selalu dalam keadaan yang optimal. 

Oleh karena itu griddle harus digunakan secara terus menerus. Anda juga tidak ingin membuang investasi alat masak ini hanya karena kerak yang diakibatkan dari bahan makanan menempel kan?

Karena griddle gas memiliki permukaan yang anti lengket, maka untuk membersihkannya setelah memasak menjadi sangat mudah. Anda tinggal mengusap sisa-sisa bahan makanan yang berada di griddle. Griddle sudah bersih dan siap digunakan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.