harga kaso baja ringan

Jenis Baja Ringan dan Fungsi Dari Kaso Baja Ringan

Kaso baja ringan sering digunakan untuk membangun rumah, ruko, toko dan bangunan lainnya dan menjadi opsi yang sering dipilih karena ringan, murah, tahan karat dan rayap serta mudah dipasang dan berbagai kelebihan lainnya. Harga kaso baja ringan terjangkau. Kaso baja ini memiliki berbagai jenis ukuran yang tersedia. Bila dibandingkan dengan kayu atau bambu, jenis baja ringan ini lebih terjangkau dan lebih kokoh bila digunakan untuk konstruksi bangunan. Meskipun dengan strukturnya yang ringan, namun jenis baja ringan ini tetap kokoh dan dapat mempertahankan bentuknya untuk waktu yang cukup lama.

Baja ringan biasanya terbuat dari bahan Carbon atau galvalume. Kedua bahan tersebutlah yang membuat baja ringan dapat tahan lebih lama dan juga tahan korosi. Dengan campuran berbagai unsur yang ada seperti karbon mangan, alumunium, zink, silikon, dan tembaga dapat membuat bobot dari jenis baja ringan ini lebih ringan. Dengan strukturnya yang cukup ringan tersebut jenis baja ringan ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk membangun atau maupun atas bangunan dan harga kaso baja ringan terjangkau.

Terdapat beberapa jenis kaso baja ringan yang ada. Berbagai jenis baja ringan yang saat ini telah dijual dipasaran dan memiliki berbagai fungsi tersendiri sesuai jenisnya. Berikut akan dijelaskan lebih rinci mengenai jenis dan fungsi dari baja ringan serta harga kaso baja ringan.

Jenis dan Fungsi Baja Ringan

  1. Hollow

Jenis baja ringan ini berbahan material Galvanis. Karakteristik dari baja ringan ini adalah memiliki bentuk balok, ujungnya berbentuk persegi, dan bagian dalam baja tersebut kosong. Fungsi dari baja ringan ini adalah sebagai bahan baku atap, kanopi, dan plafon

  1. Kaso atau trus

Kaso baja ringan ini memiliki fungsi sebagai rangka atap agar data ditaruh di genteng. Kaso baja ringan ini sering disebut sebagai truss yang berfungsi sebagai penguat tiang dan kuda kuda, selain digunakan untuk rangka atap. Kaso dinilai cukup kuat dengan ketebalan 0,75 hingga 1 mm dan banyak mengandung zinc

  1. Bondek

Salah satu jenis baja ringan ini paling mudah untuk ditemui. Jenis baja ringan bondek digunakan untuk rangka pada tulangan sebagai pelapis atau pembungkus untuk menahan beban dan tekanan dari beton. Selain itu bondek juga berfungsi untuk membangaun rangka atap atau untuk menggantikan triplek.

  1. Spandek

Spandek memiliki bentuk seperti lembaran sekaligus bergelombang dan digunakan sebagai penutup atau lapisan luar kerangka atap rumah. Selain itu spandek juga bisa digunakan untuk pelapis dinding.

  1. Reng

Jenis baja ringan ini memiliki bentuk bilah bilah. Jenis ini lebih ringan dan tahan lama dibanding dengan reng dari bahan kayu maupun bambu.\

  1. Kanal C

Jenis baja ringan ini sesuai namanya berbentuk C dan berfungsi untuk penyusun rangka atap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.