Masalah yang Sering Terjadi Pada Instalasi Genset

3 Masalah yang Sering Terjadi Pada Instalasi Genset

Instalasi genset untuk keperluan rumah tangga maupun industri sebenarnya hampir sama. Masalah yang sering terjadi pada instalasi pun tidak jauh berbeda. Meski jarang, tapi genset yang tidak dirawat dengan benar dapat menimbulkan trouble ketika dipakai sehingga energi listrik yang dihasilkan tidak stabil. Lantas apa saja masalah yang sering terjadi pada pemasangan genset? Yuk, simak ulasannya. 

Baterai Atau Aki Genset Tekor

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada genset adalah baterai atau aki tekor. Biasanya hal ini ditandai dengan genset yang sulit di-starter. Isi aki yang tidak cukup untuk menggerakkan mesin pada saat dinyalakan akan membuat putaran mesin kurang tinggi.

Akibatnya, kompresi bahan bakar pun tidak akan sempurna dan mesin tidak dapat menyala. Sementara pada genset yang menggunakan busi, hal ini menyebabkan ruang pembakaran tidak bekerja secara optimal. Untuk menghindari kondisi ini, lakukan pengecekan air aki secara berkala dan jagalah kebersihan di terminal aki.

Mesin Genset Macet

Instalasi genset tidak dapat beroperasi bisa disebabkan oleh mesin yang macet. Biasanya hal ini disebabkan oleh overheating akibat panas tinggi yang dihasilkan dari ruang pembakaran. Selain itu, genset overheating bisa juga disebabkan oleh sistem pendingin mesin yang bermasalah.

Agar genset kembali normal, diperlukan pengecekan secara menyeluruh pada sistem pendingin dan komponen-komponen lainnya. Bila ada kerusakan, segera ganti komponen dengan yang baru agar genset dapat menyala dengan baik.

Bahan Bakar Genset Tercampur Air

Pada genset berbahan bakar solar, hal ini bisa saja terjadi. Biasanya, air pada solar terbawa sistem injection pump yang menyebabkan berkurangnya jumlah solar yang masuk ke ruang bakar. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak bisa menggerakkan mesin genset dengan sempurna. Selain menghambat kinerja mesin, air pada bahan bakar juga bisa menimbulkan karat.

Untuk mengatasi masalah pada instalasi genset tentunya harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu agar penanganannya tepat. Anda bisa menggunakan jasa ahli untuk servis genset jika dirasa tidak mampu mengatasi trouble sendiri agar genset bisa segera digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.