ready to sous vide

Mengenal Sous Vide Machine, Alat Memasak yang Praktis

Menyajikan hidangan yang lezat tentu memberikan kesenangan sendiri bagi Anda yang suka memasak. Cara memasak yang digunakan juga sangat beragam, begitu juga dengan alat yang digunakan untuk memasak. Salah satunya adalah sous vide machine yang bisa memasak steak dengan kematangan sempurna.

Alat Sous Vide 

Alat sous vide memungkinkan Anda untuk mengatur suhu saat proses memasak, suhu yang diatur sesuai kebutuhan ini akan tetap stabil dan mematangkan makanan dengan sangat baik. Makanya alat ini sangat cocok untuk memasak berbagai bahan makanan, mulai dari steak, ayam, ikan, domba, telur, risotto, sayuran, dan lainnya.

Memasak dengan alat sous vide dilakukan dengan memasukan bahan makanan ke dalam kantong plastic, stoples dan lainnya, tutup dengan rapat, lalu masukan dalam panci yang sudah berisi air dalam suhu tertentu.

Alat sous vide sudah banyak digunakan di dapur professional dan membantu chef menyiapkan makanan untuk pelanggan, saat ini alat sous vide juga sudah banyak digunakan untuk membantu chef memasak dalam skala rumahan, seperti private dining dan sebagainya.

Sous Vide Immersion Circulator

Alat sous vide digunakan untuk memanaskan air yang ada di dalam panci dengan suhu yang tepat sesuai kebutuhan, stabil, dan merata. Mesin sous vide ini sangat mudah digunakan dan terjangkau. Anda hanya perlu menjepitnya ke panci yang digunakan untuk memasak dengan teknik sous vide.

Bagaimana cara menggunakan mesin sous vide ini? Berikut ulasannya

  1. Alat sous vide dijepitkan ke panci atau wadah yang sudah berisi air panas.
  2. Bumbui bahan makanan yang akan dimasak, kemudian masukan ke dalam kantong vacum atau yang lainnya.
  3. Lalu masukan bahan makan tersebut ke dalam panci berisi air panas dengan alat sous vide yang masih menjepit panci.

Kemasan Sous Vide 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk memasak bahan makanan menggunakan sous vide machine, bahan makanan tersebut perlu dikemas dalam kemasan vakum atau kedap udara. Beberapa kemasan yang bisa digunakan untuk memasak dengan teknik sous vide ini diantaranya,

  1. Kantong dan stoples

Sebelum dimasak menggunakan alat sous vide, bahan makanan dimasukan terlebih dahulu ke dalam kantong vacuum atau stoples. Anda bisa menggunakan kantong atau stoples tertutup yang mudah dibuka kembali. Pastikan kantong dn stoples tersebut bebas BPA, contohnya seperti kantong ziplock dan lainnya.

  1. Tas silikon

Selain kantong vacuum sekali pakai, Anda juga bisa menggunakan tas atau kantong silikon yang bisa digunakan berulang kali, kemasan ini tetap memberikan hasil yang sama terhadap bahan makanan yang dimasak menggunakan teknik sous vide.

  1. Stoples kalengan

Anda juga bisa menggunakan stoples kalengan dari kaca untuk memasak beberapa bahan makanan lainnya, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang sous vide machine, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.