gigi anak

Ternyata Dua Kondisi Ini Bisa Menyebabkan Gigi Anak Jadi Rusak

Anak kecil memang rentan mengalami permasalahan seputar gigi. Salah satunya adalah gigi berlubang dan tentunya setiap permasalahan gigi bisa diatasi dengan bantuan dokter gigi spesialis anak Depok. Meski begitu ternyata penyebab permasalahan gigi juga dari berbagai macam factor lho, ini penjelasannya.

 Gigi gigis karena minum susu dari botol dot

Saat ini sudah ada dokter gigi spesialis anak Depok yang bisa Anda jadikan pilihan guna membantu mengatasi permasalahan gigi pada anak. Gigi gigis adalah salah satu kondisi permasalahan gigi yang kerap dialami oleh anak.

Gigi gigis adalah kondisi pembusukan gigi anak karena terus minum susu dengan botol dot. Kondisi ini akan berpeluang lebih besar jika sang anak minum susu dengan botol dot sambil tidur.

Meski terlihat nyaman bagi anak, namun ternyata kondisi ini jika dilakukan selama berjam-jam akan membahayakan bagi gigi anak. Air susu yang menempel atau menggenang di sekitar gigi dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan gigi lebih rentan terhadap bakteri dan asam.

Gigi berlubang

Gigi berlubang juga menjadi salah satu permasalahan yang kerap menyerang anak-anak. Dimana penyebab dari gigi berlubang ini adalah bakteri yang menggerogoti enamel gigi sehingga menyebabkan kondisi pembusukan hingga akhirnya gigi berlubang.

Makanan yang tersisa pada area gigi dan tak dibersihkan akan memicu terjadinya permasalahan gigi berlubang. Sebab makanan yang menempel pada gigi akan menjadi makanan bagi bakteri yang sekaligus berkembang biak.

Asam yang terkumpul pada gigi akan menjadikan enamel gigi lebih lunak hingga akhirnya menjadi berlubang. Lubang akan menjadi lebih besar jika tidak segera diobati. Bahkan jika dibiarkan, lubang pada gigi susu anak akan bisa berpindah ke gigi permanen anak.

Dimana pada dasarnya gigi susu akan memiliki peran untuk menentukan ruang tumbuh gigi permanen atau gigi dewasa. Jika gigi susu rusak, maka gigi tersebut tidak akan membentuk gigi permanen untuk tumbuh pada posisi yang rusak. Misalnya adalah kondisi gigi bertumpuk atau miring yang diakibatkan oleh kerusakan gigi susu.

Gigi berlubang juga bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Dan kemungkinan infeksi akan bisa menyebar ke tempat lain. Biasanya kondisi gigi rusak atau berlubang akan ditandai dengan adanya bintik putih atau kekuningan pada area gigi.

Itulah penyebab terjadinya kerusakan pada gigi. Sebagai orang tua sebaiknya selalu menjaga kondisi gigi anak sekaligus datang ke dokter gigi spesialis anak Depok secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.