genset otomatis untuk keluarga

Jenis Perawatan Genset Otomatis untuk Keluarga yang Perlu Anda Lakukan Agar Genset Awet

Anda harus merawat genset otomatis untuk keluarga secara berkala agar bisa digunakan secara optimal. Perawatan juga akan memperpanjang umur penggunaan produk. Jadi, Anda tidak perlu sering mengeluarkan biaya untuk mengganti komponen yang rusak. Berikut ini jenis perawatan genset otomatis yang harus Anda lakukan. 

Pengecekan Umum dan Harian 

Genset harus tetap diperiksa setiap hari walaupun tidak digunakan setiap hari. Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa pada pengecekan harian atau umum ini. Misalnya, Anda harus memeriksa bahan bakar, oli, coolant, saluran udara, dan solar. Pastikan komponen tersebut sudah terisi dan dalam kondisi baik. Periksa juga sistem pembuangan, sistem listrik DC atau aki, mesin, dan sistem kontrol. 

Pemeriksaan Mingguan 

Selain diperiksa setiap hari, ada beberapa komponen genset otomatis untuk keluarga yang harus diperiksa setiap minggu. Contoh komponen yang harus diperiksa setiap minggu adalah filter udara, charger baterai, pembuangan air di tangki solar, serta pembuangan solar dalam filter. Segera bersihkan jika terlihat kotor. Debu dan kotoran yang menempel pada komponen genset akan sangat mempengaruhi performanya bahkan menimbulkan masalah. 

Pemeriksaan Bulanan 

Beberapa komponen genset cukup diperiksa setiap satu bulan sekali saja. Komponen-komponen itu meliputi coolant, tegangan pada belt, baterai, pengembunan knalpot. Anda juga bisa melihat kondisi filter, oli, filter coolant, crankcase breather, selang radiator, filter udara, dan lain-lain. 

Ganti komponen jika sudah terlihat tidak berfungsi secara maksimal. Tidak perlu menunggu komponen tersebut rusak total. Selain itu, bersihkan komponen dari debu dan kotoran yang menempel. 

Pemeriksaan Tahunan 

Ada baiknya, Anda memeriksa sistem pendinginan genset setelah menggunakan genset tersebut selama satu tahun. Sembari memeriksa, bersihkan juga sistem pendinginannya. Jika tidak ada masalah, Anda bisa menggunakan kembali genset otomatis tersebut.  

Memang perawatan genset terbilang cukup rumit, tapi dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala, genset otomatis untuk keluarga milik Anda akan bertahan lama. Performanya pun akan selalu maksimal saat digunakan, khususnya di saat-saat darurat. Pahami buku petunjuk penggunaan dan perawatan genset agar proses perawatannya lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.