generator set

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Generator Set

Banyaknya jenis generator set di pasaran jadi tantangan tersendiri untuk mendapatkan mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Tak sedikit yang asal membeli genset tanpa melihat fungsinya. Agar tidak keliru dalam memilih genset, pertimbangkan dulu 4 hal berikut ini.

Pertimbangkan Tipe Genset yang Akan Dibeli

Ada dua tipe genset yang umum dijumpai di pasaran, yakni tipe silent dan open. Yang membedakan antara keduanya adalah tingkat kebisingannya. Genset tipe silent tidak terlalu bising karena dilengkapi dengan peredam suara sehingga tingkat desibelnya relatif rendah. Genset tipe ini umumnya digunakan di kantor, restaurant, hotel, rumah sakit, maupun bank.

Sementara tipe open yang tidak dilengkapi dengan peredam suara memiliki kebisingan cukup tinggi. Umumnya genset jenis ini ditempatkan di outdoor dan digunakan di pabrik.

Pertimbangkan Daya dan Kapasitas Genset

Selain tipe, pertimbangkan pula kapasitas dan daya generator set. Untuk keperluan rumah tangga, Anda bisa menggunakan genset dengan kapasitas kecil karena peralatan elektronik yang di-cover tidak begitu banyak. Sementara untuk keperluan pabrik ataupun gudang yang terdapat mesin produksi, akan lebih bagus jika menggunakan genset berkapasitas besar. Dengan begitu peralatan produksi dapat berjalan dengan optimal dan operasional bisnis tidak terganggu.

Pertimbangkan Bahan Bakar Genset

Selanjutnya, pertimbangkan bahan bakar genset yang akan dibeli. Genset dengan bahan bakar solar dan bensin biasanya punya harga yang lebih terjangkau. Selain itu, bahan bakarnya juga mudah didapatkan sehingga tidak membebani pengeluaran Anda. Sedangkan genset dengan bahan bakar gas biasanya lebih mahal dan jenisnya cukup jarang di pasaran.

Pilih Genset yang Spare Part-nya Mudah Didapat

Terakhir, pertimbangkan spare part dan garansi dari genset yang dibeli. Sebaiknya pilihlah genset yang sparepartnya mudah didapat supaya tidak repot ketika terjadi kerusakan. Selain itu, pastikan genset yang Anda beli dilengkapi dengan garansi.

Demikian tadi empat hal yang mesti dijadikan pertimbangan dalam membeli generator set. Karena harganya mahal dan fungsinya sangat vital, jangan sampai keliru dalam membeli genset. Sebab hal ini akan berpengaruh pada energi listrik yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.