es krim gelato yang ada di display

Tips Merawat Ice Cream Machine

Agar ice cream machine yang Anda miliki tetap awet, dan mampu menyajikan ice cream yang sehat dan baik, sudah sewajarnya, Anda merawatnya dengan baik dan teratur. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat mesin tersebut agar awet, seperti :

Bersihkan bagian part food grade setelah digunakan

Bersihkan bagian food grade setiap kali selesai digunakan. Adapun yang termasuk ke dalam food grade tersebut antara lain bagian distribution, outlet valve, seal valve, baut press, handle, oil seal, pin lock, dan juga water receiver.

Semua bagian Ice cream machine yang baru saja disebutkan, sebaiknya dibersihkan secara rutin, setelah selesai, digunakan. Tujuannya tidak lain untuk menjaga agar mesin tetap higienis serta menjaga makanan yang disajikan kelak aman untuk dikonsumsi.  

Bersihkan bagian kipas, fan cooling, dan bagian evaporator mesin

Selain itu bersihkan juga bagian seperti kipas, atau juga bagian dalam mesin. Kali ini Anda harus melakukannya secara berhati hati. Akan lebih baik, jika pembersihan yang satu ini dilakukan oleh mereka yang sudah ahli / pihak teknisi. Bukan tanpa alasan, mengingat ada cukup banyak bagian yang harus dibersihkan menggunakan alat tertentu. Misalnya saja menggunakan kuas berbahan lembut, dengan sistem pembersihan secara perlahan.

Membersihkan secara teratur, berfungsi untuk membuat proses pendinginan ice cream, tetap berjalan dengan baik. Apabila bagian tersebut kotor dan berdebu, bukan tidak mungkin proses pendinginan jadi lebih lama, dan proses pelepasan panas jadi lebih cepat, hasilnya kinerja mesin jadi lebih boros.  

Bersihkan grease oil secara teratur  

Ada juga part atau bagian lain yang sebaiknya Anda bersihan, misalnya saja pada bagian juice dispenser. Dimana pada bagian tersebut, biasanya diisi dengan susu coklat, atau juga vanilla yang manis.

Bagian tersebut juga perlu Anda bersihkan dengan baik, agar cita rasa tambahan pada ice cream tersebut, tetap terjaga dengan baik.

Walaupun terdengar sepele, tapi ini akan jadi hal penting yang harus Anda lakukan. Dengan memperhatikan bagaimana cara merawat ice cream machine dengan baik, pastinya akan membuat cita rasa ice cream tetap terjaga dengan baik, ice cream yang ditawarkan juga tetap higienis, dan pastinya membuat bisnis Anda terus berkembang. Selain itu teknik merawat mesin ice cream yang satu ini, juga berlaku untuk mesin ice cream rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.