ilustrasi genset rusak

Kendala Umum Pada Genset Yanmar 30 Kva

Apa saja kendala yang dialami ketika Anda memiliki sebuah genset Yanmar?
Berbagai jenis genset termasuk genset yanmar 30 kva sangat rentan alami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Mungkin sebagian orang ingin mencoba memperbaiki dan merawat genset mereka untuk kendala ringan karena tidak semua teknisi bisa dipanggil dalam waktu cepat.

Berikut ini kendala yang sering dialami oleh genset

  1. Genset tiba-tiba mati setelah nyala beberapa saat

Penyebabnya adalah terdapat air bagian dalam tangki bahan bakar. Caranya yakni Anda mengosongkan atau membuang air dalam tangki bahan bakar, baik sebagian atau seluruh salurannya yang berhubungan langsung pada mesin. Kemudian Anda cek lubang ventilasi genset terkendala sumbatan. Apabila ada sumbatan maka bersihkan. 

  1. Mesin panas 

Penyebabnya terjadi karena proses pembakaran dalam ruang bakar dan adanya gesekan bahan sehingga membuat mesin panas. Selain itu disebabkan juga sistem pendingin, pelumas tidak mampu bekerja dengan maksimal efeknya temperatur mesin naik jadi panas.

  1. Adanya arus berlebih 

Penyebabnya adalah hubungan singkat di generator dan ada beban tidak sesuai ukuran sehingga mesin bekerja sangat berat. Kendari genset telah dibuat dengan kecanggihan teknologi dalam menjaga arus surplus tapi tidak menutup kemungkinan terjadi arus lebih. Caranya, butuh alat pendukung yang mampu melindungi dan mencegah arus berlebihan. 

  1. Lupa pemanasan 

Saat tidak dipakai Anda jangan lupa untuk memanaskan tujuannya untuk memicu air aki agar terisi alternatornya. Ketika generator tidak dipakai maka pelumas pada bagian pelumas mesin akan memutar ke tangki oli. Sehingga, komponen tidak dilindungi dengan baik. Waktu untuk pemanasan sekitar 5 hingga 10 menit.  

Hampir semua genset mengalami kendala seperti itu secara umum dan terbilang masih ringan. Kendala genset di atas bisa ditangani oleh Anda sendiri tanpa memanggil bantuan teknisi. Namun, jika dengan cara perawatan mandiri belum membuahkan hasil yang baik maka bisa memanggil teknisi terdekat. Saran saja, untuk mengecek kondisi genset Yanmar sebaiknya memanggil tenaga yang dari dealer resminya agar tidak terjadi salah tangan saat memegang.  Genset Yanmar telah teruji secara baik oleh banyak negara. Tunggu apalagi, order Genset Yanmar 30 Kva sekarang yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published.