Ilustrasi souvenir

5 Tips Memilih dan Menyiapkan Cinderamata Pernikahan yang Baik

Pesta pernikahan membutuhkan cukup banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah cinderamata pernikahan. Beberapa hal penting berikut ini yang bisa dijadikan panduan dalam hal memilih cinderamata yang baik sekaligus berkesan untuk dibagikan pada tamu undangan dan keluarga pada saat pesta pernikahan.  

Perhitungkan Anggaran dan Jumlah Pesanan

Salah satu pertimbangan penting dalam hal persiapan souvenir untuk pesta pernikahan adalah anggaran atau ketersediaan dana. Faktor ini seringkali menjadi faktor yang sangat mendasar dan krusial dalam hal memilih cinderamata.

Tetapkan anggaran untuk kebutuhan cinderamata secara cermat dan rasional. Besaran anggaran tersebut harus dapat dikelola untuk menentukan jumlah cinderamata yang dipesan serta harga yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan jumlah dari cinderamata yang diinginkan tersebut. 

Pilih Benda yang Unik dan Bermanfaat

Hal kedua yang juga tidak kalah penting adalah memilih barang yang memiliki nilai kemanfaatan dan juga unik. Hal ini akan membuat sebuah cinderamata menjadi lebih mengesankan dan membuat siapapun yang menerimanya mudah teringat pada kedua mempelai atau mengingat pesta pernikahan saat mendapatkan benda tersebut.

Artinya benda yang dipilih sebagai cinderamata pernikahan tersebut menjadi sebuah benda yang mengesankan. Nilai manfaat ini penting karena bisa membuat benda tersebut sering digunakan dan bahkan menjadi solusi bagi suatu permasalahan yang dialami oleh penerimanya.

Sesuaikan dengan Konsep Pernikahan

Hal ketiga yang juga tidak kalah penting sebagai pertimbangan memilih cinderamata adalah menghubungkan konsep pesta pernikahan dengan benda atau barang yang dipilih sebagai souvenir. 

Keterkaitan konsep ini bisa diperoleh melalui berbagai cara dan sudut pandang, seperti keterkaitan tema pesta pernikahan, warna gaun pengantin hingga aspek budaya yang menjadi bagian dari pernikahan tersebut.

Pesta pernikahan dengan gaya Jawa bisa memilih souvenir yang memiliki keterkaitan dengan budaya tersebut, misalnya barang yang menggunakan motif batik ataupun figur yang berkaitan dengan budaya tersebut seperti wayang.

Kemas dengan Baik

Hal lain yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan cinderamata untuk tamu undangan di pesta pernikahan adalah kemasan. Pastikan souvenir dikemas dengan baik dan sebisa mungkin memberi nilai lebih berupa tampilan yang elegan atau menarik. Hal ini bisa membuat cinderamata yang sebenarnya biasa saja menjadi lebih menarik dan mengesankan.

Tambahkan Kartu Ucapan Terimakasih

Untuk melengkapi keberadaan souvenir sebagai kenang – kenangan bagi tamu undangan yang hadir ke pesta pernikahan, maka ada baiknya untuk menyematkan kartu ucapan terima kasih di dalam kemasan cinderamata yang dibagikan pada tamu undangan. Hal ini akan melengkapi apresiasi pihak mempelai pada segenap tamu undangan yang hadir ke pesta pernikahan.

Itulah 5 hal utama yang bisa dijadikan pertimbangan dan panduan ketika memilih dan menyiapkan cinderamata pernikahan. Keputusan yang tepat dalam memilih cinderamata dan kejelian dalam menyerahkannya dapat memberi kesan yang mendalam bagi seluruh tamu undangan yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.