Tentang Les IB dan Hal yang Perlu Diketahui

Adakah dari Anda yang belum mengetahui tentang les IB? Meskipun terdengar kurang familier, ternyata sudah cukup banyak sekolah internasional di Indonesia yang menerapkan kurikulum IB. Sehingga, pembelajaran pun disesuaikan dengan sekolah luar negeri, serta menggunakan bahasa Inggris. Oleh karenanya, les kurikulum IB akan bermanfaat untuk membantu siswa beradaptasi dengan kurikulum tersebut.

Les Kurikulum IB

IB adalah singkatan dari International Baccalaurate. Kurikulum IB sendiri ternyata sudah cukup umum dikenal di Indonesia, terutama di sekolah-sekolah internasional atau nasional plus. Namun jika dibandingkan dengan kurikulum nasional, sudah tentu jumlah sekolah dengan kurikulum IB masih terbilang sedikit.

Terdapat 4 program pendidikan dalam kurikulum IB, yaitu:

  1. Primary Years Programme (PYP): untuk usia 3 – 12 tahun dan fokus pada program pembentukan anak yang peduli terhadap lingkungan, suka belajar, dan aktif.
  2. Middle Years Programme (MYP): untuk usia 11 – 14 tahun dan fokus pada program supaya siswa mampu menemukan korelasi antara ilmu yang mereka pelajari dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Diploma Programme (DP): untuk usia 15 – 18 tahun dan fokus pada persiapan diri untuk melanjutkan penddikan ke jenjang Perguruan Tinggi atau masuk Bursa Kerja.
  4. Career-Related Programme (CP): untuk usia15 – 18 tahun dan mengharuskan siswa untuk mengambil setidaknya dua mapel IB Diploma Programme, menyelesaikan empat komponen kerangka inti IB Career-related Programme, serta mempelajari ilmu praktis mengenai karir di luar program IB.

Setelah mengenal kurikulum IB, adanya les privat IB ini akan sangat membantu siswa yang memang belum terbiasa dengan penerapan kurikulum IB. Apalagi para pengajar dalam les privat biasanya bersertifikasi pengajar di sekolah berkurikulum IB. Sehingga pengajar sudah benar-benar paham akan kurikulum tersebut.

Les IB juga akan membantu siswa untuk lebih memahami setiap mapel di masing-masing jenjang IB secara komprehensif. Sehingga, jika siswa memanfaatkan fasilitas dari adanya les privat IB, maka mereka dapat berkembang dengan lebih baik dan secara optimal.

Tujuan Les Kurikulum IB

Bagi para orang tua yang memang berniat mendaftarkan anaknya untuk les privat IB, maka perlu diketahui beberapa tujuannya berikut ini.

  1. Mendorong siswa supaya memiliki wawasan yang luas.
  2. Mengajarkan siswa untuk mampu berpikir kreatif.
  3. Melatih siswa untuk dapat mengajukan pertanyaan yang bijaksana.
  4. Mengembangkan rasa identitas budaya dan diri siswa.
  5. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan setiap orang dari berbagai budaya dan negara.
  6. Meningkatkan prestasi dalam diri siswa.

Dengan segala tujuan yang positif tersebut, para orang tua tidak perlu ragu lagi jika ingin mendaftarkan anaknya di les privat IB. Hal ini karena les IB dapat sangat mendukung pendidikan siswa baik di sekolah dan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.